Lantun Doa Dalam Ribuan Lampion Festival BKB





RIBUAN lampion yang terbang dari Banjir Kanal Barat (BKB), Kamis (18/5) malam adalah doa. Bukan sekedar gagah-gagahan.

Namun ada harapan di sana yang dilambungkan bersama tiupan angin menuju langit luas. Doa itu pula yang dilantunkan Walikota Semarang Hendrar Prihadi saat simbolis melepas lampion pertama untuk diamini seluruh warga dimana total disediakan 4.700 lampion.
“Dengan di iringi doa, mudah-mudahan Semarang yang berusia semakin matang ini semakin melayang tinggi, dan juga membuat masyarakat lebih sejahtera,” terangnya.
Dijelaskan, Festival Banjir Kanal Barat merupakan agenda rutin tahunan dalam rangkaian acara ulang tahun Semarang yang ke-470. Dan di tahun kelima penyelenggaraan, jumlah penontonnya semakin membeludak seperti ini.
Alhasil, wajah antusias dan bahagia tampak dari ribuan pengunjung tkala ribuan lampion hendak diterbangkan. Dengan menyalakan api lampion yang telah dibagikan panitia, para pengunjung mulai menerbangkan lampion satu persatu.
Banjir Kanal Barat tampak bercahaya malam tadi. Langit yang gelap dihiasi ribuan lampion yang beterbangan sekira pukul 22.00 dan tak pelak, ribuan jepret foto ikut mewarnai momen agenda tahunan ini.
Tak hanya lampion, festival ini juga dimeriahkan dengan lomba hias kapal. Berbagai bentuk kapal dengan ornamen-ornamen hias silih berganti berjalan di sungai melewati panggung utama meskipun hanya beberapa saja yang bisa karena air terlalu dangkal.
“Menghias kapal ini maksudnya adalah Banjir Kanal Barat yang sudah kita normalisasi sedemikian rupa dengan bantuan pusat selain sebagai meminimalkan banjir atau mencegah banjir ini juga bisa sebagai tempat wisata, dengan agenda seperti ini harapannya semakin banyak orang tahu tentang Banjir Kanal Barat terutama keindahannya,” tambah Hendi.
Seiring penyelanggaraannya, digelar pula Semarang Introducing Market (SIM) 2017 hingga Minggu (21/5). Ratusan booth UMKM menghadirkan produk-produk asli Kota Semarang.
Tidak hanya stan kuliner, namun juga handycraft, olahan pangan, busana hingga tas dan lain-lain. Menariknya, di setiap label produk sudah terpasang logo I Love Semarang sebagai bentuk kebanggaan menggunakan dan membeli produk-produk buatan warga Semarang.

Banjir Kanal Barat menjadi terang benderang seiring terbangnya 4.700 lampion

Ribuan lampion terbang, membumbungkan doa kebaikan bagi Semarang

Komentar