'Terjebak' Kenikmatan Kopi Posong (Bagian3 - Famtrip DInkop UMKM Jateng)


Kopi Posong yang 'menjebak' lidah saya untuk jatuh cinta padanya
SEJAK lama, saya adalah Coffeemix minded, bahkan sejak jaman kuliah. Beberapa tester kopi yang saya coba setiap ada kesempatan, belum mampu menggoyahkan iman saya. Paling banter kalau pesan kopi di cafe, hanya berani capucino yang terasa light di lidah karena ada susunya.
Namun demi menjajal Kopi Posong bermerek 2 Heart yang dibudidayakan Pak Tuhar di Desa Tlahab Temanggung, iman saya goyah. Kopinya yang pahit dibingkai tekstur rasa asam sedikit manis di lidah, membuat saya nambah di gelas kedua.
Mengambil pola tanam tumpangsari di sela tanaman tembakau, Tuhar dan rekan-rekannya menyebut cara ini sebagai pola tanam Tlahab. Seperti diketahui, sudah sejak lama Temanggung dikenal sebagai penghasil tembakau berkualitas di Jateng. Namun masa panen yang cukup lama, harus diisi dengan ekstensifikasi salah satunya dengan membudidayakan tanaman kopi ini.
Berada di ketinggian 900 dpl, kopi jenis arabica ini sangat khas rasanya. Pasalnya, pola tanam Tlahab yang dilakukan, mau tidak mau telah mempengaruhi rasa biji kopinya.

Bagi saya, rasanya memang sedikit dekat rasa tembakau. Alhasil, cocok banget jika kopi ini diminum berbarengan dengan acara merokok apalagi saat itu rokok saya adalah kretek seiring dengan radang tenggorokan yang dihasilkan rokok item biru bermerek maraiboros itu.
"Kami berprinsip, petik merah adalah harga mati," tegas Tuhar sembari menghimbau anggotanya untuk tidak sekali-kali memetik biji kopi yang masih berwarna hijau atau kuning demi menjaga kualitas rasa.
Alhasil adalah wajar jika Kopi Posong berhasil menjadi terbaik ketiga di festival kopi nusantara di Jakarta 2014 lalu. Rasanya yang sangat fantastis seolah adalah oase di padang pasir.
Tak heran pula jika produser Filosofi Kopi 2, menyebut Kopi Posong dalam salah satu scene-nya. Sebuah prestasi yang sedemikian menonjol layaknya benjut segede bakpao di jidat.
So tunggu apalagi...jangan tunggu sampai Filosofi Kopi ketiga dirilis lo gaes untuk mencoba kopi juoss ini. Dan harus diaakui, sungguh sulit keluar dari 'jebakan' kenikmatan Kopi Posong ini...


Minum kopinya sambil foto-foto di Taman Wisata Alam Posong boleh juga lo gaes


Komentar

  1. Adem adem di Posong terus minum kopi yang anget emang terbaiks.

    Tapi aku dewe juga belum "cukup kuat" untuk menikmati kopi. Tambahi gula atau susu lah. wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo diresapi tenan, dicecap dengan lidah bagian tengah...ada rasa manis-manisnya kok kopi posong ini.Aku aj sudah order lagi si Kopi Posong loh

      Hapus
  2. Sayange aku kok seneng kopi vietnam ya tp pengen jajal iki mas gus wahid.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kopi vietnam? jek kalah bek kopi-kopi nusantara loh. Tapi setelah ketemu kopi posong, aku sudah merasa cukup mencari cari kesana kemari...puas menemukannya

      Hapus
  3. Suwun Cindy, sukses juga Dominonya

    BalasHapus

Posting Komentar