9 Alasan Kenapa Harus Bangga dan Cinta Indonesia

LAHIR dan besar di negeri ini, tidak ada alasan lain kenapa kita harus bangga terhadap Indonesia. Kebanggaan inilah yang selayaknya memicu kita untuk mencintai lalu menelorkan karya terbaik agar kejayaan Indonesia kembali kita raih di tahun 2020.
Hal-hal apa saja ya yang bisa membangkitkan semangat kita untuk bangga dan cinta Indonesia? Ya ya...selain punya ribuan pulau, suku dan bahasa, ada banyak hal unik, prestasi nomer satu dunia yang dihasilkan oleh anak bangsa. Inilah beberapa hal yang dapat meningkatkan kecintaan kita terhadap negara ini, tidak cuma cinta kepada pasangan lo (kecuali kamu jomblo).

Saya Indonesia, bangga dan cinta akannya. Photo taken after Indonesia Independence Day Celebrated 2017
Saya Indonesia, bangga dan cinta akannya. Photo taken after Indonesia Independence Day Celebrated 2017

1. Tempe
Jangan dikira lo gaes, tempa yang bahannya dari kedelai ini adalah makanan yang remeh temeh. Selain memiliki kandungan gizi yang luar biasa, dalam setiap 100 gram terdapat 19 gram protein, 192 kalori, 0 kolesterol dan kandungan lemaknya hanya 11 g. Bandingkan saja dengan kandungan protein dalam 100 gram daging, meski kandungan lemaknya juga tinggi. Ati-ati lo, jangan sering-sering makan daging, apalagi daging mentah hihi
Nah istimewanya, tempe yang asli Indonesia ini, kini sudah mulai go international. Di London, ia dijual dengan harga Rp225 ribu, di Australia harganya Rp150 ribu, di Jepang Rp47 ribu dan di Swiss Rp110 ribu. Sementara di sini, di negeri kita sendiri harganya hanya Rp5 ribu.

2. Kerupuk
Bagi orang Indonesia, seolah sudah cinta mati dengan kerupuk. Setiap kali makan, harus ada temannya yakni kerupuk. Tak perlu ditemani makan oleh si dia, asal sudah ada krupuk, makan kita sudah sangat bahagia kok.
Dari penelusuran, produk asli Indonesia ini sudah sampai ke negeri sebrang. Di China, orang sono suka ngemil kerupuk, begitupun dengan Korea dimana total transaksi krupuk ke dua negara itu mampu menyumbang devisa Rp12,6 miliar per tahun. Senada, warga Singapura dan Belanda juga menyukai kerupuk lo..

3. Sambal
Meski Indonesia bukan satu-satunya yang memiliki sambal, namun citarasa sambal negeri kita, sangat membanggakan. Tapi dari beberapa literatur, sambal pada awalnya berasal dari Indonesia, yang merupakan campuran lombok, bawang, garam dan sedikit gula. Namun yang jelas, lombok bukanlah asli dari sini.
Sambal bawang, sambal bajak, sambal ijo dan sambal terasi adalah beberapa jenis sambal yang cukup dikangenin warga Indonesia yang tinggal di luar negeri. Sambal matah juga, sambal dabu-dabu, sambal tomat...ahhhh semua sambal saya suka saya bangga saya cinta, saya makan semua hahaha.

4. Komodo
Hewan ini habitatnya hanya ada di Indonesia lo gaes, tepatnya di Pulau Komodo, Rinca dan Gili Motang di NTT sono. Beda sama ular dan hewan melata lainnya yang hampir tersebar di seluruh dunia. Apalagi buaya, selalu ada di mana mana hihi
Nah si komodo ini adalah rajanya biawak dan cicak serta tokek. Besarnya bisa mencapai 5 meter lo. Ia bisa berlari dengan kecepatan 20Km/jam, jadi kamu harus hati-hati jika sedang hunting atau treking di pulau-pulau tersebut. Bahkan harus pula ditemani para ranger lo gaes demi keamanan.
Nah kalau di luar negeri, paling-paling kamu hanya bisa nonton komodo di kebun binatang jadi gak mungkin dikejar-kejar. Beda halnya kalau kamu hunting langsung ke Pulau Komodo...

5. Mudik dan THR
Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, ada satu tradisi unik yang hanya ada di Indonesia. Mudik dan Tunjangan Hari Raya (THR) ini hanya ada di sini lo gaes. Bahkan di Arab Saudi-pun gak ada mudik apalagi gaji ke-13 ini.
Sisi baik dari mudik adalah kita akan dipertemukan dengan sanak saudara di kampung halaman yang sudah lama (minimal setahun) ditinggalkan untuk merantau. Usai mendapat THR dari tempat kerja, langsung deh berangkat mudik. Menariknya, sekarang mudik jadi kebanggaan lo karena selalu ada yang nanya..."mudik kemana loe..", atau ungkapan "Aku gak pernah mudik karena tempat lahirku dan besar di kota ini."
Luar biasanya, pergerakan orang untuk mudik ini mencapai 19,5 juta orang (prediksi pemudik tahun 2018 oleh Kemenhub).

6. Profesi tertentu yang identik dengan daerah asal
Pernah dengan ada tukang cukur rambut Madura? Nah semisal, tukang cukur rambut Tegal, pasti aneh terdengarnya di telinga.
Yang jamak terdengar adalah tukung cukur rambut Madura, Warung Tegal (Warteg), Nasi Padang, Bika Ambon, Soto Betawi dan sebagainya. Bayangkan misal ada soto dari Massachusetts, pecel London atau sup konro Rio de Jainero...malah aneh kan.
Dan menariknya, semua menu kuliner ini memunculkan kekangenan tersendiri dengan level tinggi. Eh menariknya lagi, justru di daerah asalnya tidak ada profesi-profesi tersebut. Misal di Padang tidak ada warung nasi Padang, di Tegal tidak ada Warteg dan sebagainya.

7. Rafflesia arnoldii
Bunga raksasa ini ditemukan pertama kali di Bengkulu. Meski mengeluarkan bau bangkai, namun Rafflesia arnoldii bukanlah bau bangkai. Sebagai anak yang pernah tinggal di desa, saya tahu bagaimana bentuk dan aroma si bunga bangkai. Sayangnya, saya belum pernah melihat langsung si Rafflesia arnoldii yang luar biasa besar di habitat aslinya.

8. Pemilik tambang emas dan tembaga terbesar
Indonesia adalah pemilik tambang emas dan tembaga terbesar di dunia lo gaes. Konon setiap hari bisa ditambang 238 ribu ton emas.
Sayangnya, seluruh hasilnya belum dapat dirasakan untuk kemakmuran Indonesia. Bahkan warga Papua yang tanahnya ditambang sampai perut bumi, juga belum bisa berbuat banyak. Secara ekonomi, SDM dan infrastruktur, mereka masih tertinggal. Semoga dengan kebanggaan menjadi Indonesia, kita bisa berbuat lebih baik lagi ke depannya.

9. Borobudur
Inggris punya Stonehenge, Mesir dengan piramid dan China dengan Tembok Besar-nya yang konon katanya terlihat dari bulan, negeri kita ini memiliki Borobudur. Candi terbesar di dunia ini dibangun sekitar abad ke-8 oleh Wangsa Syailendra.
Pernah 'hilang' akibat tertutup abu vulkanik serta rerimbun pohon, Borobudur ditemukan oleh Raffles (juga penemu Rafflesia arnoldii) yang waktu itu menjabat sebagai Gubernur Jendral Hindia Belanda. Borobudur juga pernah dibom oleh pelaku tidak bertanggungjawab.
Namun kini Borobudur tetap megah berdiri bahkan mampu menyumbang devisa wisata cukup besar untuk Indonesia termasuk menghidupkan roda perekonomian warga sekitar. Baca juga http://www.guswahidunited.id/2017/08/memburu-borobudur-tersapu-warna-jingga.html
Bangga dan Cinta Indonesia
Bangga dan cinta bergaya di depan Borobudur gerbang sisi timur

Nah gaes, itu tadi hal-hal yang semestinya bisa membangkitkan kebanggaan dan kecintaan kita terhadap Indonesia. Ya selain karena kekayaan alam dan spot-spot wisata instagramable lain yang tidak tersebut, negeri kita ini memang yang paling indah.
Bersama dengan Sembutopia, kita akan bersama-sama mewujudkan kejayaan Indonesia di tahun 2020. Yakinlah, semua bermula dari diri kita sendiri. Kebanggaan kitalah yang akan membawa kejayaan negeri kita di tengah era globalisasi dan demoralisasi.
Mari bersama bergandeng tangan untuk mewujudkannya sekaligus menyembuhkan bangsa ini dari penyakit-penyakit moral yang mungkin menggerogoti dari dalam. Caranya? Lakukan hal-hal baik kecil yang bisa kamu lakukan, sekarang juga, jangan tunda.


Komentar